1. Perbedaan
Pengukuran
|
Tes
|
Penilaian
|
Evaluasi
|
Adalah
proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu
tingkatan dimana seorang peserta didik telah mencapai karakteristik tertentu.
|
Adalah
seperangkat peranyaan yang memiliki jawaban benar atau salah[1]
|
Adalah
penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat[2]
|
Adalah
kegiatan identifikasi unutuk melihat apakah suatu program yang telah
direncanakan sudah dicapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula
untuk melihat efesiensi pelaksanaan.[3]
|
Evaluasi pendidikan sangatlah penting untuk diadakan, karena dengan adanya evaluasi maka kita akan dapat mengetahui hasil yang telah diperoleh dari kegiatan yang telah berlangsung. Sehingga tolak ukur dalam pembelajaran dapat diketahui dengan adanya evaluasi.
2. Prinsip evaluasi
·
Evaluasi harus
masih dalam satu kisi-kisi serta tujuan yang telah ditentukan.
·
Evaluasi
sebaiknya dilaksanakan secara komprehensif.
·
Evaluasi
diselenggarakan dalam proses yang koopertif antara guru dan siswa.
·
Evaluasi
dilaksanakan secara kotinu.
·
Evaluasi harus
peduli dan mempertimbangkan nilai yang berlaku.[4]
Dalam mengevaluasi
pendidikan, negara Indonesia telah menggunakan beberapa prinsip-prinsip
evaluasi pendidikan yang berlaku, walaupun apabila bila diliihat dari hasilnya
yang telah diperoleh belum sesempurna dari yang diharapkan.
3.
Jenis-jenis
evaluasi
Mengenai
jenis-jenis evaluasi pendidikan, dapat diklasifikasikan dalam tiga segi:
1.
Klasifikasi
dilihat dari fungsinya. Yang meliputi:
·
Evaluasi
formatif yaitu evaluasi yang menetapkan tingkat penguasaan manusia didik dan
menentukan bagian-bagian tugas yang belum dikuasai dengan tepat.
·
Evaluasi
sumatif,
yaitu penilaian
secara umum tentang keseluruhan hasil dari proses belajar mengajar yang
dilakukan pada setiap akhir periode belajar mengajar secara terpadu.
·
Evaluasi
diagnostik ialah penilaian yang dipusatkan pada proses belajar mengajardengan
melokalisasikan suatu titik keberangkatan yang cocok.
2.
Klaksifikasi
evaluasi dilihat dari cara nya. Meliputi:
·
Evaluasi Kuantitatif, dinyatakan
dengan angka dapat dilakukan untuk menilai aspek-aspek tingkahlaku peserta
didik dalam bidang kognitif.
·
Evaluasi
Kualitatif,
dinyatakan
dengan ungkapan dan dilakukan untuk menilai aspek-aspek afektif.
3.
klasifikasi
dilihat dari tehniknya, yakni:
·
Tehnik tes; dapat dibedakan
menurut materi yang akan dinilai ,bentuk,dan cara membuatnya.
·
Tehnik non-tes; dapat
dilaksanakan melalui pengamatan ,wawancara ,angket,hasil karya/laporan dan
skala sikap (slameto:1998:25-30)[5].
Dalam eveluasi pendidikan ada beberapa ranah:
Ranah
Kognitif
|
Ranah
Afektif
|
Ranah Psikomotorik
|
Yaitu yang mencakup kegiatan otak.[6]
|
Yaitu ranah yang berkaitan dengan
sikap dan nilai.[7]
|
Yaiu ranah yang berkaitan dengan
ketrampilan (skill) ataupun kemampuan bertindak setelah seseorang menerima
pengalaman belajar tertentu.[8]
|
4. Analisa
Dari beberapa lembaga
pendidikan yang ada di Indonesia yakni mulai dari sekolah dasar hingga perguruan
tinggi, terdapat beberapa macam jenis evaluasi mulai dari yang tes maupun non
tes. Dan dari keseluruhan evaluasi tersebut telah mencakup dari tiga ranah yakni Kognitif,
Afektif, dan Psikomotorik yang apabila dilihat dari ke efektifan
pelakasanaanya tidak memakan waktu yang lama.
DAFTAR
PUSTAKA
Hayati, Mimin.
2007. Model dan Teknik Pennilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan.
Jakarta: Gaung Persada Press.
Http://Islammakalah.Blogspot.Com/P/Evaluasi-Pendidikan-Islam_9.Html,
Senin 28 April 2014, 14.30 Wib.
Mustakim,
Zaenal. 2011. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: Stain
Pekalongan Press.
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi
Pembelajaran. Tanggerang: graha
ilmu.
Sukardi. 2008. evaluasi pendidikan prinsip dan
operasionalnya. Yogyakarta: bumi
aksara.
[1] Mimin
Hayati, Model dan Teknik Pennilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta:
Gaung Persada Press, 2007), hlm. 13
[2]
Ibid., hlm. 14
[3]
Zaenal Mustakim, M. Ag., Strategi dan Metode Pembelajaran, (Pekalongan: Stain
Pekalongan Press, 2011), hlm. 69
[4]
Prof. h. m sukardi, ms., ph. D., evaluasi pendidikan prinsip dan
operasionalnya, (Yogyakarta: bumi aksara, 2008), hlm. 4
[5]
http://islammakalah.blogspot.com/p/evaluasi-pendidikan-islam_9.html,
senin 28 april 2014, 14.30 wib
[6]
Sudaryono, Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran, (Tanggerang: graha ilmu, 2012),
hlm. 43
[7]
Ibid, hlm. 46
[8]
Ibid, hlm. 47
Tidak ada komentar:
Posting Komentar