Translate

Selasa, 05 Juni 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran          : BAHASA ARAB
Kelas/Semester          : VII/1
Alokasi Waktu           : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.          Standar Kompetensi
1.      MENYIMAK / ISTIMA'
(Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف).
B.           Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat.
1.2  Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan  sederhana yang meliputi kata sapaan (القاء التحيت), kata ganti tunggal (اسم ضمير), kata tunjuk (اسم اشاره).

C.          Tujuan Pembelajaran
§    Mendengarkan wacana tentang berkenalan
§    Drill pelafalan kosakata
§    Tanya jawab tentang isi / materi
D.          Materi Pembelajaran
TA'ARUF
§    Teks percakapan
§    Isim-isim dhomir
§    Jenis-jenis profesi
§    Kata Tanya: ma, man, min aina
§    Isim isyarah
§    Membedakan mudzakkar dan mu'annats
E.           Metode Pembelajaran
§         Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang التعارف
§        Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10


5
Pemahaman Konsep











F.           Sumber Pembelajaran
§    Buku LKS
§    Guru
G.          Assessment /  Penilaian
No
Nama siswa
Aspek penilaian
Kemampuan menangkap mufradat/kalimat
Kejelasan menangkap informasi
Respons dalam menjawab pertanyaan
Kemampuan memahami & mengungkapkan kembali
1.
Aziz
4
3
2
3
2.





3.





4.









Hasil:  Skor yang diperoleh    x 100 :    ...
           Skor keseluruhan 

Contoh: 12x100: ....
               16
Catatan: skor 4 (baik sekali), 3 (baik), 2 (kurang) dan 2 (kurang sekali)




Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab





..........................................
NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

Comments

About