RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VII/1
Alokasi Waktu :
2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
MENYIMAK / ISTIMA'
(Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk
gagasan ataupun dialog sederhana tentang
التعارف).
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa,
atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana yang meliputi kata sapaan (القاء التحيت), kata ganti tunggal (اسم ضمير), kata tunjuk (اسم اشاره).
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mendengarkan wacana tentang berkenalan
§
Tanya jawab tentang isi / materi
D.
Materi Pembelajaran
TA'ARUF
§ Teks percakapan
§ Isim-isim dhomir
§ Jenis-jenis profesi
§ Kata Tanya: ma, man, min aina
§ Isim isyarah
§
Membedakan mudzakkar dan mu'annats
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang التعارف
§
Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§
Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§
Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
acak tentang التعارف (eksplorasi)
§
Siswa membaca berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§
Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§
Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§
Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§
Guru melaksanakan penilaian lisan
§
Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
F.
Sumber Pembelajaran
§
Buku LKS
§ Guru
G.
Assessment / Penilaian
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
penilaian
|
|||
Kemampuan
menangkap mufradat/kalimat
|
Kejelasan
menangkap informasi
|
Respons
dalam menjawab pertanyaan
|
Kemampuan
memahami & mengungkapkan kembali
|
||
1.
|
Aziz
|
4
|
3
|
2
|
3
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
Hasil: Skor yang
diperoleh x 100 :
...
Skor
keseluruhan
|
|
Contoh: 12x100: ....
16
|
Catatan: skor 4 (baik sekali), 3 (baik), 2 (kurang) dan 2
(kurang sekali)
Mengetahui
Kepala
Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru
Bidang Studi Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar